icon 30x30TRI BRATA KAMI POLISI INDONESIA 1. Berbakti kepada nusa dan bangsa dengan penuh ketakwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa. 2. Menjunjung tinggi kebenaran, keadilan dan kemanusiaan dalam menegakkan hukum negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945. 3. Senantiasa melindungi, mengayomi Dan melayani masyarakat dengan keikhlasan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban.icon 30x30 CATUR PRASETYA Sebagai insan bhayangkara, kehormatan saya adalah berkorban demi masyarakat, bangsa dan negara, untuk : 1. Meniadakan segala bentuk gangguan keamanan. 2. Menjaga keselamatan jiwa raga, harta benda dan hak asasi manusia. 3. Menjamin kepastian berdasarkan hukum. 4. Memelihara perasaan tentram dan damai.icon 30x30
Powered By Blogger

Jumat, 13 Juli 2012

Waspada Penipuan Dengan Menggunakan Kupon Undian Berhadiah Langsung !

Sebaiknya masyarakat tidak mudah percaya apabila menerima / menemukan Kupon Undian

HUMAS POLSEK SUNGAI KAKAP
Penipuan dengan modus kupon berhadiah semakin marak akhir-akhir ini. Kupon hadiah palsu yang tadinya ditemukan dalam kemasan produk (kopi, snack, deterjen dll), sekarang kupon tersebut malah diantar ke rumah-rumah atau malah sengaja di cecer di depan toko atau jalan-jalan. Oleh karena itu, apabila menemukan kupon undian berhadiah dalam kondisi tercecer di jalan dalam segel yang masih rapi atau bahkan di dalam kemasan produk, sebaiknya tetap waspada.

Misalnya .............
Mungkin Secara tidak sengaja, anda menemukan kupon berhadiah di Jalan atau dimanapun dan Kupon masih bersampul plastik rapi dan seperti tercecer begitu saja. Setelah dibuka, isinya ada tiga lembar kertas, kertas kecil bertuliskan "SELAMAT!!! ANDA MENDAPATKAN HADIAH UTAMA 1 UNIT MOBIL NISSAN MARCH". Kupon tersebut merupakan kupon undian untuk program / Produk tertentu
 
Bersama dengan kupon tersebut disertakan "Surat Keterangan Kepolisian" yang berisi pernyataan bahwa kepolisian siap memberikan sanksi atau hukuman sesuai hukum yang berlaku bila terjadi kerugian dari pihak pemenang dalam pengurusan pemenang. Pada kertas tersebut juga lengkap dengan Nomr Registrasi dan juga tanda tangan Pejabat Kepolisian

Lembar kertas lainnya berupa "Surat Pemberitahuan Pemenang". Pada lembar tersebut tertera syarat dan ketentuan pengambilan hadiah. Untuk pengambilan hadiah kita disuruh menghubungi nomor 021 4046 7491 atau 0857 7779 8378 dan nomor ini bisa saja berbeda-beda untuk konfirmasi hadiah. Dijelaskan pula bahwa pajak hadiah tersebut ditanggung oleh penyelenggara. Kita hanya perlu membayar Biaya Balik Nama (BBN) Surat-surat dan Faktur Kendaraan yang harus dibayar sebelum hadiah dikirim. Nominal Bea Balik Nama dan sebagainya bisa ditanyakan ke nomer yang bersangkutan.
 
Sebenarnya dengan melihat bentuk dan juga kualitas kupon, dengan mudah kita bisa menebak bahwa kupon ini adalah penipuan dengan ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Kupon dicetak dengan kualitas rendah. Menggunakan printer tinta suntik dan kertas A4 70 gram. ( terkadang dicetak dalam bentuk lembaran atau seperti kupon )
  2. Nomor telepon yang diberikan adalah nomor handphone, padahal sangat jarang atau bahkan mustahil suatu perusahaan nasional mencantumkan nomor handphone sebagai nomor suara konsumen.
Demikian sekedar info bagi teman-teman semua agar tidak tertipu oleh kupon undian palsu dan lebih berhati-hati untuk kedepannya. Semoga bermanfaat dan tetap waspada.
 
berikut sebagian contoh kupon undian palsu yang dapat dihimpun oleh unit Intelkam Polsek Sungai Kakap












2 komentar:

  1. lalu tindakan apa yang harus kita lakukan?

    BalasHapus
  2. lalu setelah menemukan kupon tsb tindakan apa yng harus di lakukan

    BalasHapus

Widget